Jumat, 01 Maret 2013

Tawun

Tawun adalah sebuah obyek wisata di kota Ngawi Jawa Timur, tepatnya 7 km sebelah timur kota Ngawi. Obyek wisata ini banyak di minati karena tempatnya yang indah, sumber air yang jernih, hutan wisata yang nyaman dan kolam bulus(kura-kura) menjadi daya tarik sendiri. Tawun saat ini terdapat empat wisata pilihan yang dikemas dalam satu lokasi. Antara lain danau buatan lengkap dengan persewaan perahu dayungnya, kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak, selain itu tempat mainan bagi anak-anak, panggung hiburan, hotel dengan tarif murah dan tentunya warung makanan dan minuman. Semua obyek wisata tersebut diperuntukkan bagi wisatawan lokal.
Tawun lebih banyak dikenal sebagai wisata tempat pemandian. Tetapi, sebenarnya Tawun lebih menyajikan keindahan alamnya. Tumbuhan yang masih alami dan air sumber yang muncul disela akar pohon besar menambah daya tarik bagi wisatawan.
Disamping letaknya yang strategis tawun juga telah dikenal masyarakat Ngawi karena pusatnya acara adat "keduk beji". Dalam ritual ini, para pemuda desa terjun ke kolam untuk mengeluarkan kotoran dari dalam sumber mata air yang bernama "beji". Inti dari ritual ini terletak pada penyimpanan kendi dipusat sumber air beji. Ritual ini diakhiri dengan makan bersama gunungan lanang(laki-laki) dan gunungan wadon(perempuan) yang telah disediakan bagi warga, yang menurut meraka untuk meraih berkah dan keberuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar